Cara Instal Windows 7 dari Flashdisk

Cara Instal Windows 7 dari Flashdisk Menggunakan Wintoflash

Update Terakhir: 19 Oktober 2017
ADVdownload.com » Tutorial » Cara Instal Windows 7 dari Flashdisk Menggunakan Wintoflash

Cara Instal windows 7 dari flashdisk. Berikut adalah panduan yang membahas tentang cara menginstal windows 7 dari USB dengan flashdisk menggunakan Software Wintoflash pada PC 32-bit dan 64-bit. Ini berlaku pada laptop atau komputer berbagai merk seperti Asus, Acer, Lenovo, Samsung, HP, Dell, LG, Toshiba, dan sudah berulangkali saya coba sendiri 100% sukses, sistem operasi tersebut berhasil di-install dengan sempurna tanpa ada masalah.

Sebelum memulai instalasi, kita harus memiliki flashdisk yang telah ditransfer windows, kemudian kita jadikan flashdisk tersebut sebagai windows 7 flashdisk installer, kemudian pengguna dapat menyimpannya ataupun di format ulang pada keperluan lain di masa yang akan datang.

Cara Instal Windows 7 dengan Flashdisk Menggunakan Wintoflash

Untuk menginstal Windows 7 dengan flashdisk pada komputer atau laptop:

  1. Siapkan flashdisk. Minimal 4 Gb untuk Windows 7.
  2. Siapkan Sumber Windows 7. Bisa dari kepingan DVD atau ISO file yang tersimpan di Hard Disk.
  3. Siapkan Software Wintoflash. Diperlukan untuk mentransfer DVD Windows 7 ke flashdisk.
  4. Download Wintoflash Portable Versi 0.8.0096 (mendukung Win XP/7/8/8.1-ISO/DVD)
  5. Extract Software Hasil Download.

    Setelah download program selesai, Kemudian klik kanan Extract hasilnya menggunakan Winrar. Belum Punya WinRar Klik Di sini.

  6. Jalankan Program Wintoflash.
  7. Transfer Windows 7 ke Flashdisk.

    Saat Pertama kali dijalankan, Ada konfirmasi Persetujuan, klik I Accept, kemudian Next dan Next sampai muncul tampilan Windows Setup Transfer Wizard pada langkah sebelumnya.

  8. Pilih Advanced Mode.

    Windows Setup Transfer Wizard, Pilih Tab Advanced Mode.

    mulai program wintoflash

    Kemudian untuk Windows 7 Pilih Transfer Windows Vista/2008/7/8 setup to USB drive, Kemudian klik Create sedangkan untuk Windows XP Pilih Transfer Windows XP/2003 setup to USB drive.

    pengaturan transfer

  9. Pilih Drive Sumber Windows.

    Biasanya kepingan CD/DVD Windows atau ISO file, khusus untuk file berbentuk ISO pake wintoflash versi terbaru dan drive flashdisk yang akan ditransfer.

    pilih sumber windows

    Seperti gambar diatas Posisi DVD Windows 7 bisa di drive mana saja, biasanya drive E, kebetulan punya saya di drive H. Dan seperti gambar dibawah, disini Posisi Flashdisk bisa di drive mana saja, kebetulan punya saya di drive I.

    target flashdisk

  10. Klik Run. Tunggulah beberapa menit sampai proses transfer selesai, biasanya sekitar 5-15 menit, tergantung kecepatan komputernya.

    Jika telah selesai di exit saja, dan Flashdisk sudah terinstal Windows dan dapat digunakan.

    jalankan proses transfer

  11. Masukan Flashdisk.

    Pasanglah flashdisk Ke Laptop atau Komputer sebelum dinyalakan.

    masukan flashdisk ke usb laptop

  12. Nyalakan Laptop. Masuk ke Setup Menu BIOS dengan menekan F2 SAAT MENYALAKAN LAPTOP atau KOMPUTER. Pada beberapa merk lain, mungkin dengan menekan Esc, Del, F1 kadang F10, kadang + tombol fn.

    nyalakan laptop

    menu bios

    Tampilan Menu BIOS Bermacam-macam tergantung Merk Laptop atau Komputer.

  13. Atur Boot Pertama ke Flashdisk.

    Cari Tab Boot di Menu atas dan Pilih setting Boot Pertama ke USB Flashdisk, pengaturannya biasanya ada disebelah kanan Menu, biasanya dengan menekan Page Up/Page Down atau tombol +/-, kemudian Pilih Tab Exit dan Save pilih Yes, maka Laptop akan segera Restart. Kebetulan punya saya memakai USB Merk SanDisk Cruzer.

    bios setup dari flashdisk

  14. Pada Langkah ini Instalasi Windows otomatis akan berjalan seperti biasa sebagaimana instalasi menggunakan DVD installer. Tunggu sampai proses instalasi selesai.

    loading installation

  15. Klik Disini untuk Lebih Lengkapnya Proses Cara Instal Windows 7 Lengkap.

  16. Cabut Flashdisk sebelum Restart.

    Penting, Jika Instalasi Windows (Expanding Windows files) telah selesai, Kemudian akan Restart, dan pada saat itu Cabutlah Flashdisk untuk menghindari pengulangan Setup Windows 7, Kemudian Windows akan berjalan dengan sendirinya untuk Instalasi Lanjutan Finalizing Installation.

    auto-restart

    Wajib Cabut Flashdisk setelah ini Restart Otomatis, cabut Flashdisk manual.

  17. Lanjutkan Proses Instalasi. Setelah Restart, Windows akan melanjutkan instalasinya (Finalizing Installation) secara otomatis.
  18. Restart otomatis.

    Setelah Restart yang kedua kalinya, maka Anda akan menemukan bahwa Proses Instalasi Windows 7 Dengan Flashdisk telah Sukses.

  19. Selesai.

    Selamat mudah-mudahan instalasi tersebut dapat berjalan lancar.

    Tampilan Awal Windows 7 Desktop

Setiap selesai instalasi sistem operasi sebaiknya install juga driver-windows seperti Graphics driver, Audio Driver, Network Driver, dan software yang berhubungan sesuai merknya, biasanya ada CD/DVD tersendiri dikasih waktu membeli Laptop atau Komputer, kalo tidak ada harus download sendiri.

(average: 4,00 out of 5, 1 votes)
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *