Disk Clean up Windows

Cara Membersihkan Windows dengan Disk Cleanup

Update Terakhir: 19 Oktober 2017
ADVdownload.com » Topik » Cara Membersihkan Windows dengan Disk Cleanup

Selama menggunakan komputer atau laptop, sistem windows mengumpulkan fragmen yang telah digunakan atau riwayat tersendiri sebagai file sementara termasuk recycle bin, setup log files, temporary files, thumbnail, dan juga yang lainnya. File yang pada umumnya tidak diperlukan ini tersimpan pada hard drive tanpa disadari oleh pengguna sehingga menambah beban dari ruang hard disk dan semakin lama otomatis semakin banyak sehingga dapat memperlambat kinerja.

Bersihkan Sistem Windows dengan Disk Cleanup

Inilah cara membersihkan file yang tidak diperlukan dengan Disk cleanup. Ikuti langkah-langkah seperti petunjuk dibawah ini:

  • Buka Disk Cleanup. Klik ikon windows dan ketikan “disk cleanup” (tanpa tanda kutip) pada kotak search yang tersedia, kemudian masuk dengan menekan Enter, atau biasanya sudah terlihat diatasnya tinggal dipilih. Alternatif lain yaitu dengan cara Klik ikon Windows » All Programs » Accessories » System Tools » Disk Cleanup.

    start windows

    Image: start windows

  • Pilih Disk Drive. Pilihlah drive hard disk yang akan dibersihkan, pada umumya drive (C:).
  • Pilih File yang akan dihapus. Pilihlan dengan Cek list semua jenis file untuk dibersihkan, tetapi bisa juga dipilih hanya sesuai keinginan. Sebagai rekomendasi pilih saja semua biar bersih.
  • Lakukan Penghapusan File. Setelah memilih jenis file, kemudian Klik OK untuk lanjut dibersihkan. Selanjutnya ada peringatan “Delete files”. Klik saja Delete files dan tunggulah beberapa saat, kecepatannya tergantung spesifikasi komputer.
  • Restart Windows. Disarankan untuk restart sistem setelah melakukan Disk Cleanup dan rasakan perbedaannya.
(Pilih Rating)
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *